Jumat, 29 Januari 2016

PERMASALAHAN DAN SOLUSI DALAM WAWASAN NUSANTARA




 PEMBAHASAN WAWASAN NUSANTARA
Dalam pembahasan kelompok saya kemarin yang mengenai Wawasan Nusantara baynak masalah-masalah yang menyakut pembahasan ini terhadap negara indonesia ini. Adapun pembahasan dalam wawasan nusantara yaitu
1.      Aspek pancasila
2.      Aspek kewilayahan nusantara
3.      Aspek sosial budaya
4.      Aspek sejarah
Dalam ke empat aspek tersebut saya akan menjelaskan aspek sosial budaya, karena dalam aspek sosial budaya mempunyai banyak masalah yg terjadi di dalam negeri. Adapun ke tiga aspek di atas juga pastinya mempunyai masalah dalam negeri apa lagi di era globalisasi ini. Wawasan nusantara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yamg mencakup kehidupan politik,ekonomi,sosial budaya,dan pertahanan keamanan harus tercemin dalam pola pikir,pola sikap,dan pola tindak senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia diatas kepentingan pribadi dan golongan. Denga kata lain sebagai rakyat indonesia kita harus mengutamakan kepentingan bangsa di bandingkan kepentingan pribadi, akan tetapi yang terjadi sekarang ini hanya beberapa persen saja di antara banyaknya masyarakat indonesia ini yang masih mempertahankan budaya sosial di daerah masing-masing. Dengan mulainya era globalisasi dari beberapa tahun yang lalu, masyarakat indonesia sudah terpengaruh dengan adanya budaya asing yang masuk ke negara ini hingga melupakan budaya yang ada di negaranya.

Adapun masalah yang ada di aspek sosial budaya yang saya angkat adalah pengakuan negeri malaisya akan kebudayaan mereka yaitu Tari pendet dari kota bali, Reog Ponorogo, dan Batik dari Solo. Sempat menjadi perbincangan dengan masalh ini dari beberapa tahun yang lalu akan pengakuan negeri malaisya ini. Ketika munculnya masalah ini negeri indonesia baru menyadari bahwa kebudayaan mereka telah di ambil negeri lain, dan pada saat itu  juga barulah masyarakat Indonesia Koar-koar akan masalah ini. Bukan kah yang salah Masyarakat yang sudah lupa dengan kebudayaanya ? masyarakat lebih mengutamakan kepribadian bukan kepentingan negara. dengan adanya masalah ini kita harus menyadari, dan evaluasi untuk menimbulkan rasa kepemilikan dan Nasionalisme kepada masyarakat akan budaya yang ada di Indonesia. Dengan di benturkanya era globalisasi yang semakin ganas masyarakat indonesia harus tetap berpegan teguh pada kebudayaan di setiap daerah.





Add caption

SOLUSI DARI MASALAH WAWASAN NUSANTARA
Dengan adanya masalah seperti penjelasan di atas kementrian budaya harus lebih peka dengan keadaan yang terjadi di indonesia ini, dengan mengadakan pendataan buda di 34 provinsi akan kebudayaan dan lebih memperketat keamanan negara akan budaya, dan turis asing yang berkunjung di indonesia ini agar kejadian di atas tidak terjadi untuk kedua kalinya. Akan tetapi tidak hanya kementrian Budaya yang bertanggung jawab tetapi selaku masyarakat indonesia harus menimbulkan ke pemilikan budaya di daerah masing masing melalui adanya Sosialisasi dan Pengajaran kepada anak bangas yang masih menempuh studynya. Adapun cara mensosialisasikan Budaya seperti melalui pendidikan :
1.      Adanya pelajaran kebudayaan di sekolah
2.      Diadakanya pelajaran bahasa daerah dan penjelasan tentang kebudayaan (Muatan Lokal)
3.      Di adakanya les atau jam khusus untuk belajar praktek Tari-tarian budaya di daerah masing-masing

Mungkin dengan adanya kegiatan tersebut Budaya indonesia Bisa di jamin keamananya dari kejadian di atas tadi. Selain itu juga anak-anak bangsa bisa mengenal budaya indonesia ini yang telah di wariskan dari nenek moyang kita.
Demikian rangkuman saya akan masalah dan solusi Wawasan nusantara dalam aspek sosial budaya. dan semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar